Kebugaran Jasmani dan Rohani


Kebugaran jasmani dan Rohani diperoleh dari berolahraga seperti senam, senam dari zaman dahulu dipercaya untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga memiliki kebugaran jasmani dan rohani yang baik. Biasanya senam dilakukan secara serentak dan selalu di iringi musik yang berirama sehingga para peserta senam seperti menari diatas alunan musik tersebut contoh senam seperti ini adalah senam Aerobik.

Kebugaran jasmani dan rohani merupakan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepada tubuh tanpa mengakibatkan rasa letih yang berlebih. Tidak memberikan efek kelelahan yang berarti setelah melakukan aktivitas mereka masih memiliki cukup tenaga untuk menikmati waktu luangnya.

Manfaat dari Kebugaran Jasmani dan Rohani

Latihan kondisi tubuh mempunyai peranan yang penting untuk meningkatkan serta mempertahankan daya tahan tubuh ini. Proses latihan tubuh yang dilakukan secara cermat, yang berulang-ulang yang menambah beban latihannya akan lebih meningkat kebugaran jasmani dan rohani seseorang, tapi jangan terlalu berlebihan dalam menambah beban tersebut. Manfaat dari latihan tersebut Yaitu :
  1. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
  2. Mencegah dan mengatur penyakit diabetes
  3. Menambah Keterampilan
  4. Mencegah penyakit jantung
  5. Menambah kualitas stamina anda
  6. Menurunkan tekanan darah tinggi
  7. Menurunkan gejala depresi ringan dan kegelisahan
  8. Membuat Awet Muda
  9. Mencegah Osteoporosis
  10. Meningkatkan Energi
  11. Meningkatkan Citra Diri dan Rasa Percaya diri
  12. Mencegah resiko pada kanker tertentu.
Adapun Tips untuk menjaga Kebugaran Jasmani dan Rohani

Adapun Beberapa Tips agar Bisa Menjaga kebugaran jasmani dan rohani dengan baik dan benar yaitu :

  • Hindari kebiasaan barang candu.
Hal ini yang sering kita lalaikan  dalam kehidupan karena banyak yang menganggap hal tersebut merupakan perbuatan yang keren. Seperti pecandu rokok, miras (minuman keras), narkoba, ganja, obaat penenang dan lain sebaginya. Padahal dalam kebiasaan tersebut banyak menimbulkan hal-hal yang negatif.
Bayangkan saja jika kita kecanduan salah satu barang haram diatas. Kita akan banyak mengeluarkaan uang yang hanya ingin menikmati barang tersebut. Sama saja kita menimbun banyak penyakit dalam diri kita. Apalagi jika penyakit tersebut sudah menggerogoti tubuh kita, maka kita akan banyak mengeluarkan uang lagi yang hanya menginginkan kesehatan. Memang dalam umur yang masih muda belum berdampak apa-apa akan tetapi dampak itu di rasakan apabila kita sudah beranjak Tua.
Dalam menggunakan barang haram tersebut pertama kita akan mendapatkan dosa besar, kedua efeknya bukan berdampak dalam diri kita saja akan tetapi orang tua, keluarga, teman, pacar, atau sekolah.
  • Hindari hubungan seks Bebas
Nafsu dalam hal ini menjadi peran utama. Karena nafsu merupakan sifat yang dimiliki setiap orang. Tapi ingat jangan sampai hidup untuk nafsu, tapi buatlah nafsu untuk bertaahaan hidup. Seks merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun alangkah terhormatnya jika kita berhubungan seks ketika sudah dalam ikatan perkawinan. Kebanyakan orang yang melakukan seks  memang disepelekan bagi pasangan yang sudah terbiasa melakukannya ataupun bagi orang yang mudah terangsang tanpa iman yang kuat.
Banyak dampak yang akan terjadi dalam Seks bebas diluar nikah. Seperti :
  1. Hamil di luar nikah.
  2. Terkena penyakit menular seperti AIDS yang tak ada obatnya.
  3. Dosa besar kepada Tuhan YME
  4. Dikucilkan dari pergaulan Masyarakat.
  5. Dapat Dikenakan Hukum, Bagi Negara yang Memiliki Hukum
  6. Membunuh Pasangan Sendiri
  7. Sangat Susah untuk mendapatkan jodoh ketika ingin nikah
  8. Berbohong pada orang tua, keluarga, kerabat, teman, dsb.
Tujuan dari seks untuk mendapatkan klimaks / orgasme banyak didewakan oleh banyak orang yang tersesat dan mereka akan mencari korban lain untuk diajak dan diseret ke dalam lembah hitam tersebut. 
  • Makan Makanan Yang Sehat Dan Bergizi
Makanan enak belum tentu sehat. Banyak makanan serta minuman yang berbahaya dan tidak sehat apabila dikonsumsi. Contohnya seperti penggunaan boraks dan formalin sebagai pengawet makanan dan minuman yang seharusnya digunakan untuk mengawetkan mayat / jenazah / bangkai.
Hati-hati dan selalu waspada terhadap apapun yang akan kita masukkan ke dalam mulut kita karena bisa saja minuman atau makanan yang kita beli dan siap disantap tersebut telah dicampur dengan zat beracun yang berbahaya seperti arsenik, obat tidur, racun serangga, racun tikus, pengewet bukan untuk makanan dan minuman, dan lain sebagainya.
Makan makanan dan minuman yang bergizi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, aktivitas serta usia kita. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang adalah kebiasaan yang baik. Jangan pernah lupa dengan empat sehat lima sempurna yang sering kita dengar. Makan dengan asupan gizi seimbang karena apa yang kita makan akan merepresentasikan diri kita di masa yang akan datang.
  • Menjaga Kebersihan Diri Sendiri Dan Lingkungan Sekitar Kita
Kebersihan diri sendiri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik karena berkaitan erat dengan penampilan kita di masyarakat umum. kerapihan dan kebersihan badan seperti rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dll dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari bertukar peralatan mandi, bersolek, kesehatan, pakaian pribadi dengan orang lain karena mungkin dapat menularkan penyakit yang berbahaya.
Jaga kebersihan lingkungan dari sampah dan gangguan penyakit lingkungan karena lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Sampah yang menimbun dan membusuk mampu mengeluarkan bau yang tidak sedap, pemandangan yang kumuh, bunyi lalat yang beterbangan, suara sumpah-serapah orang yang berada disekitarnya, dan lain sebagainya.
Sampah juga bisa menjadi sarang penyebar penyakit seperti tikus yang menyebarkan penyekit leptospirosis melalui kencing tikus serta tifus. Nyamuk juga bisa menyebarkan bibit plasmodium yang dapat berkibat melaria dan demam berdarah pada seseorang. lalat yang menebar bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pencernaan seperti beri-beri, mencret, diare, dan sebagainya.
Polusi seperti limbah sampah dan wc rumah tangga, limbah pabrik, polusi udara, dan polusi lainnya perlu diselesaikan dengan sigap dan terkoordinir dengan baik antar anggota masyarakat di suatu lingkungan agar menghasilkan hasil lingungan bersih dan nyaman yang baik.
  • Berolahraga Dan memeriksakan Kesehatan Ke Dokter Secara Berkala
Berolah raga secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakan berolah raga setiap hari dengan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, senam, fitnes, jogging, bersepeda, atau melakukan olahraga penuh seperti main badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, bola basket, dan lain sebagainya.
Selain olah raga ada lagi yang tidak kalah pentingnya dengan olahraga yaitu periksa kesehatan berkala secara teratur ke dokter.  Periksala Kesehatan secara terprogram agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga.
  • Hindari Stress Yang Berlebihan Dengan Cara Yang Sehat Dan Halal
Untuk menghindari stress diperlukan strategi untuk masing-masing individu. Carilah cara yang terbaik untuk menghilangkan stress dengan cara anda sendiri yang mudah, dapat dilakukan di mana-mana, murah meriah, sehat, halal, dan enak dilakukan. Contoh aktivitas penghilangan stres adalah seperti mendengarkan musik yang menurut pribadi enak didengar dan ngilangin beban pikiran yang ada, main video game, main musik musik, olahraga, dan lain sebagainya.
Intinya dalam hidup anda adalah Santai dengan semua problem yang ada dalam pikiran. Buat apa Stres, Emosi anda jangan sampai menjadi jahat dan menguasai diri anda, karna emosi yang tidak terkendali dan terkadang menjadi dendam, sakit hati, dan lain sebagainya yang terlihat bodoh bagi orang lain.

5 comments:

  1. isi blognya sangat bermanfaat sekali, saya yakin pasti sangat bermanfaat buat siapa saja yang sudah membacanya, terus lanjutkan
    jangan lupa kunjungi blog saya juga ya... semoga kita dapat berbagi ilmu..
    http://kejasroh.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ya thanks buat tugas jdi gampang

    BalasHapus
  3. Kebugaran memang sangat penting untuk jasmani kita,nice info gan sangat menambah wawasan
    Berkunjung balik ya ke http://www.berbagitipsehat.com

    BalasHapus
  4. terimakasih infonya kak sangat membantu
    Elever

    BalasHapus
  5. Cari agent sabung ayam ternama & teraman?
    Ada nih kawan BOLAVITA Agent dengan bonus terbanyak setiap harinya

    jadi tunggu apalagi kawan mari join segera bersama kami

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus